Kuliah Tamu Series FV D4 Perpustakaan Digital

Kuliah Tamu Series FV D4 Perpustakaan Digital

Rabu, 27 September 2023 Fakultas Vokasi Universitas Negeri Malang Prodi D4 Perpustakaan Digital menyelenggarakan kuliah tamu dengan tema “Perpustakaan Digital di Era Kecerdasan Buatan” Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Sasana Budaya Universitas Negeri Malang, sebanyak 135 peserta yang mengikuti kegiatan ini yang terdiri dari mahasiswa, dosen D4 Perpustakaan Digital, dan tenaga kependidikan Fakultas Vokasi UM. Adapun harapan diselenggarakannya kegiatan ini untuk menambah wawasan mahasiswa D4 Perpustakaan Digital terkait eksistensi perpustakaan di era AI (Artificial Intelligence. Bagaimana peran dan dampak teknologi kecerdasan buatan dalam pengelolaan perpustakaan digital, serta menginspirasi mereka untuk menjadi pemimpin masa depan yang mampu mengintegrasikan AI secara efektif dalam penyediaan layanan perpustakaan digital, memahami kebutuhan pengguna dengan lebih baik, dan menjawab tantangan perpustakaan digital yang terus berkembang di era digital ini

Kegiatan ini dimulai dengan sambutan sekaligus pembuka acara oleh Bapak Dr. Ely Siswanto, S.Sos, M.M. selaku Wakil Dekan 1 Fakultas Vokasi UM, Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh para narasumber  yang dilanjutkan dengan sesi diskusi atau tanya-jawab. Pada kuliah tamu kali ini menghadirkan dua narasumber, pertama Dr. Hartono, SS., M.Hum. yang merupakan Pustakawan di UPT. Perpustakaan Proklamator Bung Karno Blitar dengan topik “Strategi Penguatan dan Inovasi Perpustakaan Digital di Era Kecerdasan Buatandal Membentuk Masyarakat Literat”, sdan yang kedua Mohamad Rotmianto, A.Md., S.Kom. yang saat ini sebagai Pustakawan di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kab. Magetan dengan dengan topik “Pemanfaatan Artificial Intelligence untuk organisasi informasi”.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan wawasan yang mendalam kepada mahasiswa D4 Perpustakaan Digital tentang peran dan dampak teknologi kecerdasan buatan dalam pengelolaan perpustakaan digital, serta menginspirasi mahasiswa agar kedepan selalu siap untuk bersanding dengan perkembangan teknologi dalam pengelolaan perpustakaan. seperti saat ini perpustakaan dituntut agar mampu mengintegrasikan AI secara efektif dalam penyediaan layanan perpustakaan digital, memahami kebutuhan pengguna dengan lebih baik, dan menjawab tantangan perpustakaan digital yang terus berkembang di era digital ini. Kelancaran kegiatan ini tidak lepas dari peran berbagai pihak yang terlibat.

Sebelum sesi kuliah tamu ini ditutup, pemberian cenderamata oleh Bapak Wakil Dekan 1 kepada kedua narasumber serta narasumber kepada Prodi D4 Perpustakaan Digital, yang kemudian dilanjutkan dengan sesi foto bersama. 

SDG 17 Kemitraan Untuk Mencapai Tujuan
Kerjasama Program Studi D4 Perpustakaan Digital Fakultas Vokasi UM dengan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno

Kerjasama Program Studi D4 Perpustakaan Digital Fakultas Vokasi UM dengan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno

Rabu 27 Sepember 2023. Program Studi D4 Perpustakaan Digital Fakultas Vokasi UM mengadakan kuliah tamu dan penandatanganan dokumen kerjasama dengan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia UPT Perpustakaan Proklamasi Bung Karno. Kuliah tamu ini diisi oleh dua narasumber, salah satunya diisi oleh pustakawan Perpustakaan Proklamator Bung Karno Blitar oleh bapak Dr. Hartono, SS., M.Hum. Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Sasana Budaya Universitas Negeri Malang. Perjanjian kerjasama tersebut diikuti oleh Wakil Dekan I Fakultas Vokasi, Kepala Program Studi D4 Perpsutakaan Digital, dosen D4 Perpustakaan Digital dan perwakilan dari UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno.

Kegiatan perjanjian kerjasama ini bertujuan untuk program pengembangan dalam bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan sumber daya manusia (SDM) serta pencapaian tugas perpsutakaan Bung Karno melaksanakan pengelolaan koleksi literatur mengenai Bung Karno.

Kegiatan ini dimulai dengan sambutan dari Wakil Dekan I Fakultas Vokasi, Dr. Ely Siswanto, S.Sos., M.M. dilanjutkan dengan sesi kuliah tamu. Setelah beakhirnya kuliah tamu dilanjutkan pemaparan kerjasama antara kedua belah pihak. Adapun ruang lingkup dalam kerjasama dengan UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno, yaitu penugasan praktisi industri atau pustakawan sebagai narasumber, praktik kerja industry atau magang industry, magang tenaga pengajar dan sinkronisasi kurikulum antara dunia pendidikan dengan dunia usaha dunia industri.

Dengan penandatanganan kerjasama ini menghasilkan kesepakatan kerjasama antara Prodi D4 Perpustakaan Digital Fakultas Vokasi UM dengan UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno. Kegiatan ini diharapkan dapat bermanfaat bagi kedua belah pihak secara maksimal.

SDG 17 Kemitraan Untuk Mencapai Tujuan
Peningkatan Sistem Kualitas Air Limbah Menggunakan Metode Fitoremediasi Berbasis Internet Of Things (IoT)

Peningkatan Sistem Kualitas Air Limbah Menggunakan Metode Fitoremediasi Berbasis Internet Of Things (IoT)

Limbah air dihasilkan dari aktivitas manusia pada saat pengairan akibat penimbunan dan pembuangan limbah secara sembarangan, sehingga menimbulkan dampak negatif yang signifikan terhadap lingkungan dan makhluk hidup. Oleh karena itu, penting untuk mengolah limbah air untuk mengurangi tingkat bahan pencemar yang terkandung dalam air

Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi pencemaran air limbah irigasi dengan menggunakan metode fitoremediasi berbasis Internet of Things (IoT), eceng gondok, apu-apu, dan teratai. Dilakukan dengan menggunakan alat sistem monitoring berbasis teknologi IoT dengan parameter pengukuran pH, suhu, dan kekeruhan air melalui jaringan internet. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keasaman meningkat sebesar 7-8 dengan penurunan COD pada penggunaan eceng gondok, apu-apu, dan teratai masing-masing sebesar 41,55%, 32,77%, dan 32,91%. Kadar BOD pada tanaman eceng gondok, apu-apu, dan teratai mengalami penurunan sebesar 37,82%, dan 31,54%. Penurunan kadar fosfat pada penggunaan eceng gondok, apu-apu dan teratai sebesar 3,55%. Terakhir, penurunan kadar nitrat pada penggunaan tanaman eceng gondok, apu-apu dan teratai masing-masing sebesar 13,83%, 9,61%, dan 19,61%.

SDG 7 Energi Bersih dan Terjangkau

Sistem Pengisian Baterai Sepeda Listrik Berbasis Internet Of Things

Sistem Pengisian Baterai Sepeda Listrik Berbasis Internet Of Things

Perkembangan zaman menjadikan teknologi ikut berkembang, salah satunya dengan penggunaan sepeda listrik yang semakin meningkat membuat perusahaan kendaraan bersaing dengan mengedeoankan aspek teknologi maupun aspek desain hal ini digunakan sebagai kendaraan alternatif. Sepeda listrik adalah suatu kendaraan dari sepeda dengan menggunakan motor sebagai penggerak. Motor yang banyak digunakan ialah motor DC atau motor arus searah. Berdasarkan data Kementerian ESDM pada 2016, sektor transportasi tercatat menghasilkan emisi sebanyak 1,28 juta ton CO2 dengan rata-rata peningkatan 6.7% per tahun, solusi yang dirancang oleh pemerintah adalah untuk mengurangi emisi adalah dengan meningkatkan penggunaan kendaraan listrik Roadmap untuk mempercepat penggunaan kendaraan listrik untuk kendaraan umum maupun kendaraan pribadi berbasis baterai.

Sistem pengisian daya baterai sepeda listrik yang dilengkapin dengan fitur monitoring dan kontrol berbasis Internet Of Things dengan spesifikasi seperti memonitoring daya, tegangan, arus maupun energi dan dilengkapi dengan sistem prabayar seperti PLN, para pemilik sepeda listrik dapat mengisi baterai dengan melakukan pembayaran atau membeli beban listrik sesuai keinginan, dimana relay akan aktif (trip) ketika jumlah kWh sudah sesuai dengan konversi prabayar yang telah ditentukan.
Alat sistem pengisian baterai sepeda listrik berbasis internet of things dapat bekerja dengan cukup baik. Hasil pengujian yang didapatkan pada tiap sensor yang digunakan bekerja dengan baik sesuai dengan nilai yang diinginkan, pada sensor PZEM004t didapatkan nilai error pada tegangan sebesar 0,47% dan nilai error pada arus sebesar 0,22%, lalu pada PZEM017 didapatkan nilai error pada tegangan sebesar 0,8% dan nilai error pada arus sebesar 2,62%. Keypad juga bekerja sesuai fungsinya yang dimana dapat menginput jumlah nominal rupiah yang diinginkan. Parameter tiap sensor seperti teganga, arus, daya, dan energi dapat di monitoring pada aplikasi dan web Blynk sesuai dengan rancangan

Tampilan data parameter sensor OLED

SDG 7 Energi Bersih dan Terjangkau

Verifikasi dan Validasi Biodata Yudisium

Verifikasi dan Validasi Biodata Yudisium

Yth. Para Mahasiswa
Universitas Negeri Malang

Dalam rangka meningkatkan akurasi biodata dan data akademik mahasiswa yang tercetak di
dokumen ijazah, transkrip, dan akta mengajar, perlu dilakukan langkah-langkah sebagai berikut.
A. Mahasiswa calon peserta yudisium.
1. Mencetak berkas verfikasi biodata dan data akademik di akun SIMAWA.
2. Memeriksa/memverifikasi kebenaran Nama, NIK, tempat lahir dan tanggal lahir dengan dokumen sumber Kartu Keluarga (KK) dan Ijazah terakhir.
a. Jika terdapat ketidaksesuaian biodata pada data di SIMAWA, silahkan menghubungi Subbag Akademik Fakultas untuk dilakukan pembetulan berdasarkan data scan KK dan scan ijazah yang diunggah;
b. Jika terdapat ketidaksesuaian biodata dengan Kartu Keluarga dan/atau Ijazah, silahkan berkoordinasi dengan instansi terkait. Data rujukan yang dipakai pada Pangkalan Data PDDikti adalah data kependudukan (Kartu Keluarga);
3. Memberikan validasi paraf setiap data pada nama, NIK, tempat lahir dan tanggal lahir.
4. Memeriksa data akademik sesuai KHS, jika terdapat ketidaksesuaian data, silahkan berkoordinasi dengan bagian Akademik Fakultas/ Subkoor TU Sekolah Pascasarjana dengan melampirkan bukti cetak KHS untuk dilakukan pembetulan.
5. Menandatangani lembar verifikasi biodata dan data akademik di atas meterai Rp.10.000.
6. Menyerahkan lembar verifikasi biodata dan data akademik ke Subbag Akademik Fakultas atau Subkoor TU Sekolah Pascasarjana sebagai bahan kelengkapan cetak ijazah.
7. Bahwa ijazah, transkrip akademik akan dicetak berdasarkan verifikasi data ini, oleh karena itu harus diperhatikan bahwa data 100% benar. Ijazah tidak akan dicetak ulang yang disebabkan data tidak benar dari mahasiswa.
8. Ijazah, transkrip, dan akta akan dicetak jika mahasiswa telah mengumpulkan berkas tersebut di atas sesuai dengan jadwal yang ditentukan oleh Subbag Akademik Fakultas /Subkoor TU Sekolah Pascasarjana.

B. Sub Koordinator Akademik Fakultas/ Sub Koordinator TU Sekolah Pascasarjana.
1. Menerima lembar validasi biodata dan data akademik yang telah ditandatangani mahasiswa peserta yudisium.
2. Mengirimkan SK Yudisium dengan dilampiri lembar validasi biodata dan data akademik yang sudah ditandangani mahasiswa ke Seksi Evaluasi Hasil Belajar, Direktorat Pendidikan untuk proses cetak ijazah.

Atas perhatiannya kami sampaikan terimakasih.