Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Otomotif

Sejarah

  • Pada Tahun 1997, Prodi D3 Mesin Otomotif untuk pertama kalinya didirikan oleh Fakultas Teknik (FT) UM.
  • Pada Tahun 2014, Pembentukan Jurusan Vokasi UM yang mewadahi prodi-prodi D3 UM menjadi satu jurusan.
  • Pada Tahun 2022, Prodi D3 Mesin Otomotif resmi upgrade menjadi D4 Teknologi Rekayasa Otomotif berdasarkan SK Rektor UM Nomor xxx tentang Peningkatan Prodi Diploma III ke Diploma IV (Sarjana Terapan) di lingkungan FT UM.
  • Pada Tahun 2023, prodi D4 Teknologi Rekayasa Otomotif secara resmi berpindah ke Fakultas Vokasi UM berdasarkan SK Rektor UM No. 28.2.166/UN32/KL/2023 tentang Pendirian Fakultas Vokasi UM.

M. Ihwanudin, S.Pd, M.Pd

Ketua Program Studi Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Otomotif
Fakultas Vokasi Universitas Negeri Malang

Visi

Mengembangkan keilmuan di bidang Rekayasa Teknologi Otomotif berbasis penelitian dan industri otomotif 4.0 dan 5.0 dengan menekankan pada penguasaan software engineering yang berbasis kecerdasan buatan, big data, Internet of Think dan Teknologi nano untuk menghasilkan lulusan yang siap bekerja dibidang disain, pengembangan, pengujian dan perbaikan kendaraan yang akan dicapai pada tahun 2035.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan D4 bidang Rekayasa dan Teknologi Otomotif (D4-TRO) menggunakan pendekatan pembelajaran yang efektif dan penekanan pada praktikum.
  2. Melaksanakan penelitian dalam bidang Rekayasa Teknologi Otomotif (TRO) berbasis Industri Otomotif 4.0 dan 5.0 melalui penguasaan fasilitas Automotive Software Engineering yang berbasis Kecerdasam Buatan, Big Data, Internet of Think dan Teknologi nano.
  3. Melaksanakan Pengabdian kepada masyarakat untuk memberdayakan masyarakat melalui penerapan hasil penelitian di bidang Rekayasa dan Teknologi Otomotif.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan sarjana terapan (S.Tr) Teknologi Rekayasa Otomotif yang mandiri dan siap kerja di Industri bidang disain, pengembangan, pengujian dan perawatan kendaraan bermotor.
  2. Menghasilkan karya penelitian berupa perancangan (design), pengembangan, pengujian yang kompetitif dalam bidang otomotif.
  3. Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat melalui penerapan hasil penelitian, perawatan dan perbaikan di bidang otomotif.

Profil Lulusan

Sarjana Terapan (S.Tr T) Teknologi Rekayasa Otomotif yang berkompeten pada sektor,

Lapangan Kerja / Profesi Bagi Lulusan

  • Tenaga ahli bidang perancangan disain otomotif

  • Tenaga ahli konsultan, perencanaan dan perbaikan otomotif

  • Tenaga ahli, mekanik, service advisor otomotif

  • Peneliti pada bidang bensin & diesel engine, hybrid engine dan motor listrik yang berbasis kecerdasan buatan, Big Data, Internet of Think serta Nanotechnology

  • Technopreneur dan Enterpreneur bidang komponen, komputasi dan sistem rekayasa otomotif

Kurikulum D4 Teknologi Rekayasa Otomotif

D4 Teknologi Rekayasa Otomotif sebagai prodi Sarjana Terapan menyelenggarakan kegiatan proses belajar mengajar dengan total 146 SKS dengan persentase mata kuliah praktik 68,89% dan teori 31,11%.

Dosen Program Studi D4 Teknologi Rekayasa Otomotif

M. Ihwanudin, S.Pd, M.Pd

Dr. H. Agus Sholah, M.Pd

Fuad Indra Kusuma,S.Pd, M.Pd

Windra Irdianto, S.Pd., M.Pd

Dr. Muchammad Harly, S.T., M.T.

Drs. Eddy Rudiyanto, M.Pd

Prof. Dr. Marji, M.Kes.

Hasan Ismail, S.Pd, M.Sc, Ph.D

Dr. Syarif Suhartadi, M.Pd

Dr. Dani Irawan, S.Pd, M.Pd

Drs. Sumarli, M.Pd, M.T.

Drs. Imam Muda Nauri, S.T., M.T.

Erwin Komara Mindarta, S.Pd, M.Pd

Andika Bagus Nur Rahma Putra, S.Pd, M.Pd

Drs. Partono, M.Pd