Sarjana Terapan Animasi

Sejarah

  • Pada Tahun 1997, Prodi D3 Animasi untuk pertama kalinya didirikan oleh Fakultas Sastra (FS) UM.
  • Pada Tahun 2014, Pembentukan Jurusan Vokasi UM yang mewadahi prodi-prodi D3 UM menjadi satu jurusan.
  • Pada Tahun 2022, Prodi D3 Animasi resmi upgrade menjadi D4 Animasi berdasarkan SK Rektor UM Nomor xxx tentang Peningkatan Prodi Diploma III ke Diploma IV (Sarjana Terapan) di lingkungan FT UM.
  • Pada Tahun 2023, prodi D4 Animasi secara resmi berpindah ke Fakultas Vokasi UM berdasarkan SK Rektor UM No. 28.2.166/UN32/KL/2023 tentang Pendirian Fakultas Vokasi UM.

Mitra Istiar Wardhana, S.Kom, M.T.

Ketua Program Studi Sarjana Terapan Animasi
Fakultas Vokasi Universitas Negeri Malang

Visi

Program Studi Sarjana Terapan Animasi menjadi penyelenggara pendidikan tinggi unggul dalam pengembangan animasi dan game yaitu sebagai Visual Development Artist, Motion designer & Development Artist, dan Desainer Game, khususnya unggul dalam visualisasi  animasi dan game 2 dimensi dan 3 dimensi berbasis konten lokal serta peduli terhadap nilai kemanusiaan.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi dalam rangka meningkatkan pemerataan dan perluasan akses bagi masyarakat dalam bidang animasi dan game yang memiliki kekhususan dalam hal visualisasi animasi dan game 2 dimensi dan 3 dimensi berbasis konten lokal.
  2. Meningkatkan mutu, relevansi dan daya saing melalui pendidikan dan pembelajaran, penelitian, serta  pengabdian kepada masyarakat dalam bidang animasi, multimedia dan game yang terarah pada visualisasi animasi dan game 2 dimensi dan 3 dimensi berbasis konten lokal.
  3. Membangun organisasi yang sehat dalam rangka penguatan tatakelola, akuntabilitas, dan pencitraan publik.

Tujuan

  1. Terselenggaranya atmosfir akademik pendidikan tinggi bidang animasi dan game untuk menghasilkan tenaga profesional animator dan desainer game yang memiliki kekhususan visualisasi 2 dimensi dan 3 dimensi berbasis konten lokal.
  2. Menghasilkan sumber daya yang mampu mengembangkan animasi dan game 2 dimensi dan 3 dimensi berbasis konten lokal melalui pendidikan, penelitian serta pengabdian kepada masyarakat.
  3. Terbentuknya sistem tata kelola yang harmonis dan akuntabel serta semakin meningkatkan pencitraan publik

Profil Lulusan

Sarjana Terapan (S.Tr) Animasi menyiapkan sumber daya manusia kreatif yang mampu menguasai dan menerapkan ilmu animasi dan game serta mampu menghasilkan karya animasi dan game yang bernuansa budaya lokal Indonesia dalam konteks global, serta memiliki jiwa kewirausahaan.

Lapangan Kerja / Profesi Bagi Lulusan

  • Visual Development Artist
  • Motion Designer and Development Artist
  • Desainer Game

Kurikulum D4 Animasi

D4 Animasi sebagai prodi Sarjana Terapan menyelenggarakan kegiatan proses belajar mengajar dengan total 146 SKS dengan persentase mata kuliah praktik 68,89% dan teori 31,11%.

Dosen Program Studi D4 Animasi

Mitra Istiar Wardhana, S.Kom, M.T.

Andy Pramono, S.Kom, M.T.

Joko Samodra, S.Kom, M.T.

Dimas Rifqi Novica, S.Sn, M.Ds

Ima Kusumawati Hidayat, S.Sn, M.Des

 Arif Sutrisno, S.Sn., M.Ds.

 Nuril Kusuma Wardani, S.Sn., M.Ds.

Bunga Fefiana Mustikasari, S.Sn., M.Ds.