D4 Desain Mode UM baru saja melaksanakan Kuliah Tamu dengan tema “Fashion and Accessories Design Concept as Final Project”. Kegiatan ini dilakukan pada Senin (27/11/2023) di Aula Gedung A27, Fakultas Vokasi UM.

Acara dibuka dengan sambutan Bapak Dr. Muladi, S.T., M.T. selaku Dekan Fakultas Vokasi. Dilanjutkan dengan penandatanganan MoA oleh pemateri kuliah tamu yaitu Ibu Yeti Topiah selaku Ketua IFC (Indonesian Fashion Chamber) Chapter Malang. MoA ini memuat kerja sama dalam Bidang Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan Sumber Daya Manusia (SDM), sehingga diharapkan dapat menghasilkan sarjana terapan D4 Desain Mode yang Unggul. Kerjasama ini juga meliputi kegiatan magang industri mahasiswa, magang tenaga pengajar, dan keterlibatan dalam kegiatan Indonesian Fashion Chamber Community.

Ibu Yeti Topiah sebagai owner “Yece” fashion brand turut memberikan wawasan tentang Fashion Portofolio, mulai dari pembuatan fashion concept hingga pembuatan desain produksi busana. Portofolio ini nantinya akan digunakan sebagai pedoman untuk pembuatan final project mahasiswa.

Dilanjutkan dengan pemateri 2 yaitu Ibu Eva Chrisnawati sekaligus owner dari “Eva Unique” Accessories. Ibu Eva memberikan workshop mengenai pembuatan aksesoris busana dari material limbah seng atau kaleng bekas. Material ini dibentuk sesuai desain, kemudian dipukul-pukul untuk memberikan motif pada permukaannya. Selanjutnya seng dilapisi pylox dan dilakukan proses pembakaran pada salah satu sisi, hingga berubah warna menjadi keemasan. Seng tersebut kemudian dikombinasi dengan material lain, meliputi selang akuarium, tali kulit, rumbai, dan pengait sehingga menjadi kalung etnik yang unik.

Kegiatan kuliah tamu ditutup dengan foto bersama oleh dosen dan mahasiswa D4 Desain Mode bersama para pemateri, dengan menggunakan aksesoris kalung hasil workshop yang telah dibuat.

SDG 17 Kemitraan Untuk Mencapai Tujuan