

Acara sosialisasi ini merupakan bagian dari upaya Universitas Negeri Malang untuk mendukung pertumbuhan dan pengembangan UMKM di wilayah tersebut. Diharapkan, dengan pengetahuan dan keterampilan baru yang diperoleh, pelaku usaha UMKM Aselabar akan mampu menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang dalam pasar yang semakin berubah dan kompetitif.
Latar belakang
Sebagian besar pelaku UMKM Kecamatan Karangploso, Kota Malang memulai kegiatan bisnis mereka tanpa memiliki strategi pemasaran dan identitas bisnis yang kuat.. Untuk menarik minat konsumen terhadap produk-produk UMKM, diperlukan keberanian untuk mengadopsi inovasi dan pendekatan baru melalui e-marketing dan rebranding.
Tujuan
Tim pengabdian dari Universitas Negeri Malang (UM) menyelenggarakan kegiatan pengabdian Masyarakat di Kec. Karangploso bertajuk “Eskalasi E-Marketing Serta Rebranding Dalam Upaya Pemasaran UMKM Pada UMKM ASELABAR Sebagai Strategi UMKM Naik Kelas”
Keterlibatan unsur fakultas
Kegiatan ini diketuai oleh Della Ayu Zona Lia, S.AB., M.AB., yang beranggotakan Dr. Ely Siswanto, S.Sos, M.M., Handri Dian Wahyudi, S.Pd, M.Sc serta melibatkan dua mahasiswa yaitu Lailatus Sa’diyah dan Abdullah Sirajuddin Sya’bana.
Sumber pendanaan
Kegiatan ini dibiayai oleh dana mandiri peneliti
Hasil yang diperoleh

Peserta pelatihan sangat antusias selama mengikuti kegiatan dan berterima kasih karena mendapatkan banyak wawasan untuk mempertahankan dan mengembangkan usaha di tengah kemajuan era digitalisasi, diantaranya memahami e-marketing dan rebranding. Kedepan setelah diadakan pelatihan ini diharapkan para pelaku UMKM kembali bangkit melawan pandemi dengan memasarkan produk secara digital dengan desain kemasan produk yang lebih menarik.
Kontribusi sesuai SDG
SDG 17: Partnerships for The Goals (Kemitraan untuk Mencapai Tujuan) Bu Fitri, seorang pemilik usaha UMKM Aselabar di bidang makanan dan minuman, menyatakan, “Sosialisasi ini sangat bermanfaat bagi kami para pelaku usaha UMKM. Kami sekarang memiliki pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana memanfaatkan internet dan teknologi digital untuk meningkatkan bisnis kami, serta bagaimana memperbarui citra merek kami agar lebih relevan dengan pasar saat ini.