Sarjana Terapan Manajemen Pemasaran

Sejarah

  • Pada Tahun 1999, menjadi salah satu Prodi di Jurusan Manajemen FEUM, dan satu-satunya prodi Diploma III di Jurusan Manajemen FEUM KepMendikbud No. 270/U/1999 dan PerMenDikBud No. 30 Tahun 2012 tentang Organisasi dan Tata Kerja (OTK) UM.
  • Pada Tahun 2014, digabung dengan “Jurusan” Vokasi UM.
  • Pada Tahun 2016, kembali ke “Pangkuan” Jurusan Manajemen.
  • Pada Tahun 2022, upgrade menjadi D4 Manajemen Pemasaran SK Rektor UM No. 10.2.24/UN32/KL/2022 ttg Peningkatan Prodi DIII MP menjadi DIV MP pada FEB UM.
  • Pada Tahun 2023, bergabung kedalam “Fakultas Vokasi UM” dengan SK Rektor UM No. 28.2.166/UN32/KL/2023 tentang Pendirian Fakultas Vokasi UM.

Rayie Tariaranie Wiraguna, S.E., M.M

Ketua Program Studi Sarjana Terapan
Manajemen Pemasaran
Fakultas Vokasi Universitas Negeri Malang

Visi

Program studi yang unggul dan terkemuka dalam pengembangan praktek manajemen pemasaran tingkat nasional yang siap menjadi entrepreneur yang berwawasan global, inovatif, beretika dan mampu mengaplikasikan konsep-konsep manajemen pemasaran dalam dunia bisnis.

Misi

  1. Melaksanakan proses pendidikan dan pembelajaran terapan yang humanis dan berkarakter.
  2. Mengembangkan dan melaksanakan penelitian bidang manajemen pemasaran terapan yang berkualitas dan pengabdian pada masyarakat yang berdaya guna.
  3. Memperkuat tata kelola pelaksanaan pendidikan dan pembelajaran yang kredibel dan terkinikan.
  4. Memperkuat sumberdaya pendukung pelaksanaan pendidikan dan pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan dengan level tenaga professional di bidang digital marketing yang unggul dan berdaya saing tinggi baik secara nasional maupun internasional;
  2. Menghasilkan leader dalam bidang digital marketing;
  3. Menghasilkan karya akademik melalui kegiatan penelitian dan pengembangan ilmu dalam bidang digital marketing;
  4. Meningkatkan kualitas dan kinerja departemen/program studi melalui pelaksanaan kerja sama dengan berbagai pihak baik di dalam maupun di luar UM;
  5. Meningkatkan peran dan citra jurusan/program studi melalui pemberdayaan alumni yang tersebar di berbagai lapangan kerja di seluruh Indonesia;
  6. Mewujudkan organisasi jurusan/program studi yang sehat berdasarkan prinsip otonomi, akuntabilitas, akreditasi dan evaluasi diri secara berkesinambungan.

Profil Lulusan

Sarjana Terapan (S.Tr) Program studi D4 Manajemen Pemasaran berfokus pada pengembangan digital marketing yang disepadankan dengan berbagai aspek sektor Pendidikan vokasi dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI). Sejak tahun 2020, rekonstruksi kurikulum dilakukan dalam lingkup Pendidikan vokasi dengan melibatkan DUDI sebagai kesempatan dalam melanjutkan penyempurnaan kurikulum untuk mengisi kebutuhan dalam menghasilkan tenaga kerja dengan keterampilan teknis yang handal bagi lulusan vokasi. Peran DUDI sangat penting dalam mempersiapkan lulusan vokasi yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan pasar saat ini. Dengan berfokus pada pengembangan keberlanjutan dalam bidang digital marketing, diharapkan mampu menerapkannya pada lembaga bisnis dan non bisnis dengan memiliki rasa peduli dan tanggungjawab terhadap masyarakat dan lingkungan, serta mampu menyesuaikan diri secara kreatif dan inovatif terhadap perubahan yang ada.

Lapangan Kerja / Profesi Bagi Lulusan

  • Staff Marketing
  • Asisten Manajer Marketing
  • Junior Manajer Marketing
  • Entrepreneur Berbasis Marketing Digital

Kurikulum Sarjana Terapan Manajemen Pemasaran

Program Studi Sarjana Terapan Manajemen Pemasaran menyelenggarakan kegiatan proses belajar mengajar dengan total 146 SKS dengan persentase mata kuliah praktik 68,89% dan teori 31,11%.

Dosen Program Studi D4 Manajemen Pemasaran

Rayie Tariaranie Wiraguna, S.E., M.M

Dr. Ely Siswanto, S.Sos, M.M.

Della Ayu Zonna Lia, S.AB, M.AB

Handri Dian Wahyudi, S.E., M.Si

Rizkika Parahiyanti, S.E., MBA

Arum Prasasti, S.E., M.Sc

Safira Rusyda Azizah, S.E., M.MT.

Ababil Karhoma Wijaya, S.E., M.SM.

Galeri Penghargaan

Natasya Albaren

Mahasiswi D4 Manajemen Pemasaran Angkatan 2021 Juara ‘Runner Up’ Liga Nusantara Kategori Futsal Perempuan Tahun 2021

Juara 1 Pekan Olahraga Mahasiswa Provinsi Jawa Timur Tahun 2023

Juara 2 Pekan Olahraga Provinsi Jawa Timur Tahun 2022

Rio Aditya Permana

Mahasiswa D4 MP 2020 Juara 2 Pekan Olahraga Mahasiswa Provinsi 1 Jawa Timur Tahun 2022 Cabang Olahraga Tarung Derajat Nomor 58,1-61 Kg Putra

Balqis Nuha Mahasiswa D4 Manajemen Pemasaran Angkatan 2020 Awardee Iismavo Tahun 2022-1

Balqis Nuha Mahasiswa D4 Manajemen Pemasaran Angkatan 2020 Awardee Iismavo Tahun 2022-1