Pada hari Sabtu, 02 Maret 2024 sampai dengan Minggu, 03 Maret 2024 Dewan Mahasiswa Fakultas Vokasi Universitas Negeri Malang telah melaksanakan kegiatan Diklat Kepemimpinan dan Pengetahuan Legislatif Staff Ahli yang diadakan secara offline dan berlokasi di Coban Rais, Kec. Batu, Jawa Timur. Diklat DMFV UM ini mengusung tema Fresh Start for a Journey in a New Family.

Diklat merupakan salah satu program kerja dari DMFV UM yang bertujuan untuk meningkatkan kepemimpinan dan pengatahuan legislatif dalam organisasi, membantu mereka dalam mengelola dan memotivasi tim, menetapkan tujuan dan prioritas, serta membuat keputusan strategis yang bermanfaat untuk organisasi secara keseluruhan. Pelatihan tersebut dapat mencakup berbagai topik, termasuk komunikasi, kerja tim, pemecahan masalah, pengambilan keputusan, dan lain sebagainya.

Diklat Kepemimpinan dan Pengetahuan Legislatif Staff Ahli DMFV UM 2024 ini dihadiri oleh seluruh anggota DMFV UM periode tahun 2024 dan Pembina DMFV UM. Acara ini diawali dengan pembukaan yang dilakukan oleh Rosa Nidya Dewanti selaku Master of Ceremony. Kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Universitas Negeri Malang. Kegiatan selanjutnya yaitu sambutan – sambutan yang dilakukan oleh Nathaniel Edbert Liem selaku Ketua Pelaksana Diklat, Wulan Widartiningsih selaku Ketua Umum DMFV UM periode 2024, dan Bapak Adi Prasetyawan, S.Sos, M.A. selaku Pembina DMFV UM periode 2024.

 

Hari pertama Diklat Kepemimpinan dan Pengetahuan Legislatif Staff Ahli DMFV UM 2024 diawali dengan pemaparan materi dari Kak Moch. Irsyadul Ibat dengan judul Fungsi Legislatif dilanjutkan oleh Kak Moh. Iqbal Al Fatah dengan judul Meningkatkan Kepemimpinan dan Pengetahuan Kelegislatifan, setelah itu dilanjut Forum Group Discussion Staff Ahli yang dipimpin oleh Ika Listiana Rahayu selaku Moderator. Dalam pemaparan materi peserta turut aktif dalam berpikir kritis serta aktif dalam berdiskusi. Pada malam hari dilakukan malam keakraban dan Sharing Session masing-masing komisi untuk meningkatkan rasa kekeluargaan antar anggota.

 

Hari kedua Diklat Kepemimpinan dan Pengetahuan Legislatif Staff Ahli DMFV UM 2024 dilaksanakan senam dan dilanjutkan Outbound, kegiatan ini meningkatkan kerja sama. Kegiatan Diklat diakhiri dengan Pelantikan Staff Ahli DMFV UM 2024.

Program kerja Diklat Kepemimpinan dan Pengetahuan Legislatif Staff Ahli DMFV UM 2024 sebagai upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan pelatihan dalam bidang organisasi legislatif dan kepemimpinan, sehingga para peserta siap untuk memimpin dan dipimpin dalam hal apapun. Selain itu, kegiatan ini merupakan bekal peserta kelak untuk dapat menjunjung nilai nilai etika dan integritas dalam organisasi legislatif.

SDG 16 Perdamaian, Keadilan, dan Kelembagaan yang Kuat.